ini sih pandangan gue aja

nikmat banget ya kalo lagi sendirian..
bisa iseng merhatiin keadaan sekitar.
gue kalo malem-malem naik angkot tuh suka agak was-was gitu. ngeri dibawa kabur sama supir angkotnya [pedeamat ya gue.haha..] padahal gak sampe segitunya juga.
ya emang sih, ada yang suka iseng gitu. tapi mudah-mudahan gak akan pernah ketemu lah yang kaya gue takutin itu. amin.

kaya hari ini 16 Juli 2009, balik nari.
gue naik angkot yang supirnya bapak-bapak. gue cuma sendiri di angkot itu. tapi untungnya perasaan gue bilang kalo ni angkot bakal baik-baik aja nganter gue.
yap, emang ternyata baik banget supirnya [walaupun dia gak sampe ngasih gue mobil Lancer EVO X].
dia ngajak gue ngobrol sepanjang perjalanan, cerita tentang keluarganya, karir dia kerja dari awal jadi salesman supervisor di PT. TEMPO sampe jadi supir angkot kaya sekarang.

tapi gue gak akan ceritain tentang apa yang udah dia ceritain ke gue. gue lebih bersemangat ceritain gimana dia sangat menikmati hidupnya walaupun hidupnya gak begitu indah. dia tetep senyum..ramah sama orang-orang..

trus yang gue amati lagi tuh bagaimana cara para supir angkot itu berkomunikasi sambil bawa angkot mereka. mereka tetep bercanda, ketawa-ketawa, bergosip, padahal gue tau kalo mereka nyimpen beban yang gue gak tau seberapa berat. tapi pasti berat banget dengan keadaan mereka yang berkecukupan.
sama kaya kalo gue merhatiin anak-anak punk lampu merah yang nyeremin padahal hati mereka gak semenyeramkan tampang mereka, anak-anak pengamen, tukang-tukang becak, pasha yang suka muji-muji gue [dia bilang gue teteh cantik sampe mau nikahin gue.hha..bocah].

duh gak ada kata-kata nih, gara-gara nyetel lagunya yang keras, bukan yang menyedihkan.

pokoknya kalo kata d'masiv tuh 'jangan menyerah'.

bener, kita emang gak boleh menyerah. GAK PERNAH BOLEH. karena tuhan juga gak pernah bilang kalo kita dipersilahkan menyerah. gak di agama manapun.

bukannya gue mau gimana-gimana, tapi gue suka miris kalo ngelihat orang-orang di bawah ini

1. kakek-kakek tua penjual nangka.
kita semua tau, kalo kakek itu tua banget, dia renta, tapi tetep keukeuh nyari penghasilan dengan usahanya sendiri yang gak cuma [maaf] dengan nengadahin tangan dari rumah ke rumah, mencelakakan dirinya sendiri supaya dikasihani orang-orang kaya.
gue emang gak tau kakek itu tinggal dimana, tapi gue tau banget kalo dia udah berjalan menjajakan nangkanya berkilo-kilo meter, dengan tak beralaskan alas kaki sama sekali. badan dia terlalu rapuh untuk menopang beban nangka. jujur, gue yang masih muda dan sehat aja gak sanggup untuk mikul beban nangka itu.

beberapa hari yang lalu dia lewat depan rumah..
sambil merhatiin kakek itu bokap bilang, "kayaknya kakek itu ada yang ngendaliin deh"
gue : "maksudnya? orang lain?"
tau gak, dengan bego nya gue tuh ngebayangin kalo tuh kakek dikendaliin sama orang lain ditempat yang jauh sana dengan remote control. satu getokan dikepala gue.
bokap : "bukan, kaya dituntun malaikat gitu. mata dia kan udah hampir gak bisa dipake, udah rabun. tapi dia gak pernah nabrak sekalipun"

gue tertegun. gue lihat lagi ke arah kakek tadi. subhanallah...

2. kakek-kakek tukang becak di komplek gue
becaknya lebih besar dan lebih tinggi dari becak umumnya dan dari badan dia sendiri.
kupingnya gak begitu bekerja dengan baik lagi untuk mendengar sehingga harus bicara dengan volume agak besar ditelinganya agar sampai dirumah [kalo gak pasti nyasar].
badannya sudah terbungkuk.
tangannya gak begitu kuat untuk membelokkan kepala becak dengan cepat.
kakinya gak juga kuat untuk mengayuh beban penumpang.

tapi dia tetep semangat, dia bekerja dari pagi-pagi buta sampe malem banget. dia gak peduli orang lain secara diam-diam atau bahkan terang-terangan meledeki, mencemoohinya. sampai tukang becak lain yang lebih muda pun begitu. dia tetep nunggu penumpang. dengan berdoa, bertawakal, sabar, dia slalu nunggu.

(blm ada endingnya. tidur dulu)

You May Also Like

0 komendisini :)

Diskusi disini kakak :)

Instagram

Instagram

POLYVORE